Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kipas Dari Bahan Kertas Sederhana Dan Mudah

Cara Membuat Kipas Dari Bahan  Kertas Sederhana Dan Mudah
Kerajinan Kertas

Siasati.com - Cara Membuat Kipas Dari Bahan  Kertas Sederhana Dan Mudah, Selembar kartu stok sederhana mungkin tidak terlihat banyak, tetapi dengan bantuan beberapa lipatan dan beberapa perlengkapan kerajinan, kami akan mengajari Anda cara mengubahnya menjadi kipas lipat yang indah. 

Ini adalah proyek DIY kecil sederhana yang mudah dilakukan, tidak memerlukan terlalu banyak persediaan mahal (meskipun Anda dapat menggunakan mesin die cut jika Anda ingin menambahkan sedikit bakat ekstra), dan pada akhirnya, Anda akan memiliki kipas angin cantik dan praktis untuk mendinginkan badan di hari yang panas atau digunakan sebagai hiasan. Baca terus untuk melihat apa yang Anda perlukan dan bagaimana memulainya.

Bahan yang dibutukan untuk Membuat membuat Kipas Kertas

Peralatan Kipas Kertas

  • Gunting
  • Pensil
  • Penggaris
  • Lem
  • Pin pakaian (opsional)
  • Pistol lem panas

Bahan pembuatan Kipas Kertas

  • Cardstock (bermotif atau solid)
  • Hiasan seperti glitter atau payet
  • Pita

Tahap Pembuatan Kipas Kertas

1. Siapkan Kertas

Langkah pertama dalam proyek ini adalah menyiapkan kertas yang akan Anda gunakan untuk kipas angin. Anda akan ingin menggunakan semacam stok kartu, seperti stok kartu lembar memo, yang berpola atau padat, tergantung pada tampilan yang ingin Anda buat dengan kipas Anda. Ukuran standar stok kartu scrapbooking adalah 12x12 inci atau 8,5x11 inci; dalam tutorial ini kita akan menggunakan format persegi.

Ambil stok kartu dan, ukur interval 1/2 atau 1 inci dengan penggaris, beri skor pada kertas menggunakan gunting Anda. Pastikan untuk tidak menekan terlalu keras dengan gunting: Anda ingin sedikit menggores (atau menggores) kertas, karena ini akan membuat pelipatan lebih mudah nantinya. Kemudian, potong selembar kertas persegi menjadi dua, tegak lurus dengan tanda penilaian yang baru saja Anda buat.

2. Mulai Lipat

Selanjutnya, mulailah melipat kartu stok di setiap garis yang dicetak. Membuat lipatan seharusnya cukup mudah, dan stok kartu harus masuk ke lipatan yang rapi berkat skornya. Setelah Anda melipat bagian pertama, lipat bagian kedua dengan cara yang sama. Kemudian, ambil salah satu ujung masing-masing dari dua bagian dan tempelkan bersama-sama menggunakan lem untuk membuat satu kipas lipat yang panjang dan terus menerus.

Jika Anda menggunakan kartu stok bermotif, pastikan kedua bagiannya menghadap ke arah yang sama agar polanya terlihat bersambung. Biarkan stok kartu yang terlipat duduk sebentar sampai lem benar-benar kering. Letakkan di bawah sesuatu yang berat seperti buku untuk memastikan potongan-potongan itu saling menempel dengan baik, atau jepit dengan dua jepitan pakaian.

3. Tambahkan Beberapa Kilau

Jika Anda ingin menambahkan kilau ekstra atau hiasan lain pada kipas Anda, sekaranglah saatnya untuk melakukannya. Ambil stok kartu yang terlipat dan buka perlahan. Dengan menggunakan lem, tempelkan glitter, payet, kancing, mutiara, atau detail dekoratif lainnya sesuai pilihan Anda. Biarkan mereka benar-benar kering untuk mencegah apa pun keluar dari tempatnya atau jatuh.

Kerajinan Musim Panas untuk Anak-Anak Ini Akan Membuat Mereka Terhibur Selama Berjam-jam

4. Buat Kipas

Setelah Anda siap untuk menyatukan kipas Anda, ambil salah satu ujungnya dan, dengan menggunakan lem panas, tempelkan seutas pita di sekitar alasnya, seolah-olah Anda sedang mengikatkan karet gelang di sekelilingnya. Ini akan berfungsi sebagai pemegang kipas. Pastikan untuk memilih pita yang melengkapi warna dan desain stok kartu kipas, sehingga seluruh item terlihat menyatu dengan baik. Biarkan lem panas benar-benar kering, lalu buka kipas dengan lembut, dan siap digunakan!

5. Opsional: Buat Roda Kipas

Jika Anda ingin menggunakan kipas angin untuk tujuan yang lebih dekoratif, pikirkan tentang membuat roda kipas, atau bahkan beberapa roda kipas yang dapat disatukan untuk membuat dinding dekoratif yang bagus sebagai latar belakang foto atau sebagai dekorasi pesta.

Untuk membuat roda kipas, ikuti langkah-langkah di atas tetapi alih-alih hanya menggunakan satu lembar karton persegi dan memotongnya menjadi dua bagian, gunakan dua lembar stok kartu sehingga Anda mendapatkan empat lembar kipas yang dapat direkatkan untuk membentuk lingkaran . Dalam hal ini, Anda dapat menghilangkan langkah menempelkan pita, karena Anda akan memiliki satu kipas bundar yang berkesinambungan.

Itulah Cara Membuat Kipas dari Kertas Sederhana dan mudah, semoga bermanfaat untuk anda semuanya. Ingat anda harus teliti dalam peroses membuatnya supaya hasilnya maksimal dan memuaskan. 

Tim Redaksi
Tim Redaksi Saatnya yang muda berkarya, positif dalam berfikir, esensi dalam berita.