Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Paper Mache? Berikut Kegunaan Dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Paper Mache? Berikut Kegunaan Dan Cara Menggunakannya
Papier mâché 

Apa Itu Paper Mache?

Papier mâché atau paper mache adalah teknik kerajinan populer yang menggunakan kertas dan pasta untuk membuat berbagai objek. Metode ini dinamai menurut istilah Prancis untuk "kertas kunyah," yang masuk akal mengingat langkah-langkah yang diperlukan untuk proyek mesin kertas apa pun. 

Paper mache adalah pelapisan kertas basah dan bahan lainnya ke permukaan kosong seperti balon. Perekat yang digunakan untuk membasahi kertas bertindak sebagai bahan pengikat. Saat kertas mengering, kulit luarnya mengeras, yang kemudian dapat dicat dan didekorasi. 

Kerajinan ini berusia berabad-abad dan dihargai karena keterjangkauan dan kepraktisannya. Pada dasarnya, yang Anda butuhkan hanyalah kertas daur ulang dan pasta sederhana untuk membuat barang-barang tahan lama seperti piñatas, vas, dan kotak perhiasan. 

Cari tahu lebih lanjut tentang apa itu bubur kertas, sejarahnya, dan bagaimana Anda bisa memulai sebuah proyek. 

Untuk Apa Papier Mâché Digunakan?

Sepertinya satu-satunya pilihan paper mache adalah benda-benda yang belum sempurna seperti mangkuk dan patung sederhana. Namun, metode ini juga digunakan untuk membuat barang-barang besar dan rumit seperti pelampung karnaval. Di masa lalu, mesin kertas dikombinasikan dengan bahan lain untuk membuat hal-hal seperti kano dan bahkan tangki bahan bakar tambahan. 

Kerajinan kuno ini menjangkau beberapa generasi dan negara, membantu dalam pembuatan beberapa objek. Meskipun namanya Prancis, metode ini tidak muncul di Prancis hingga abad ke-17. Sebelum itu, teknik ini digunakan di Cina dan di tempat lain di dunia sejauh 200 SM.

Di Tiongkok kuno, metode ini digunakan untuk membuat objek seperti kotak tembakau dan helm prajurit. 

Orang Mesir kuno menggunakan parang kertas untuk membuat topeng kematian menggunakan linen dan plester. 

Di Eropa abad ke-18, teknik ini digunakan sebagai pilihan yang lebih murah untuk plester hias dan ukiran kayu pada furnitur. 

Di zaman modern, paper mache telah diganti dengan bahan seperti plastik, sehingga teknik ini tidak lagi dapat diakses secara komersial untuk benda-benda dekoratif. 

Bagaimana Papier Mâché Dibuat

Prinsip-prinsip di balik paper mache sederhana: potong beberapa kertas menjadi potongan-potongan yang mudah diatur, basahi strip-strip tersebut dengan perekat yang sudah jadi, lalu ratakan kertas di atas permukaan. Langkah-langkah ini bekerja dengan baik saat Anda membuat kerajinan anak-anak sederhana. Namun, beberapa teknik tambahan membantu meningkatkan kerajinan di luar mangkuk dan patung sederhana. 

bahan pembuatan Paper Mache

  • Balon, bekerja dengan baik saat membuat mangkuk, wajah pahatan, dan topeng. 
  • Karton, bahan ini sangat ideal untuk benda persegi seperti kotak perhiasan dan pekebun. Anda juga dapat membuat bingkai rumit menggunakan karton untuk membuat patung dan pinatas. 
  • Kawat Ayam, buat proyek skala besar seperti alas lampu atau lentera menggunakan kawat fleksibel. 
  • Telur,dapat membantu membuat dasar boneka kecil dan benda lainnya. 
  • Bubur kertas, buatlah bubur kertas jika Anda ingin membuat benda dengan tangan bebas tanpa alas atau cetakan. Untuk membuat bubur kertas, Anda mencampur lembaran kertas penuh dengan air sampai memiliki konsistensi seperti bubur kertas. 

Pembuatan Perekat

  • Campur tepung dan air panas. 
  • Encerkan lem Elmer dengan air. 
  • Gunakan senyawa drywall dan lem untuk proyek tugas berat.
  • Beli perekat pra-campuran. 

Buat Sesuatu Menggunakan Langkah-Langkah Ini

  • Lapisi potongan kertas pada formulir dalam pola garis silang.
  • Gunakan setidaknya tiga lapis kertas agar tahan lama. 
  • Biarkan potongan benar-benar kering sebelum pengamplasan atau pengecatan. 

Secara tradisional, pasta mache kertas dibuat menggunakan tepung dan air. Namun, jika Anda memutuskan untuk menggunakan metode ini, ketahuilah bahwa proyek dapat berkembang seiring waktu. Untuk mengatasi ini, Anda dapat memilih untuk menggunakan lem kerajinan yang diencerkan atau lem kayu. Anda juga bisa menambahkan minyak cengkeh atau garam ke dalam campuran perekat sebagai pencegah jamur. 

Ide Papier Mâché untuk Pemula

Hal yang hebat tentang paper mache adalah kerajinan yang cocok untuk semua kelompok umur dan tingkat keahlian. Sangat menyenangkan untuk membuat tangan Anda berantakan, dan bekerja dengan tangan Anda bisa membuat rileks. Kerajinan ini mirip dengan cara melempar tembikar, tetapi jauh lebih mudah untuk membuat kertas mache di rumah. Berikut adalah beberapa ide untuk membuat jus kreatif mengalir.

  • Mulailah dengan alas balon dan buatlah tempat lilin gantung sederhana. 
  • Gunakan bagian bawah balon dan beberapa bubur kertas untuk membuat mangkuk abstrak. 
  • Lapisi bentuk surat karton dengan kertas mache untuk memberikan tekstur yang tidak biasa. 
  • Meledakkan balon berukuran berbeda untuk membuat satu set mangkuk bersarang. 
  • Tutupi kotak sereal untuk membuat organizer kantor yang menyenangkan. 

Membuat paper mache memang menyenangkan, sama halnya seperti  Membuat Piring Decoupage, tapi bisa juga berantakan. Pastikan untuk mempersiapkan area kerja Anda dengan kain lap dan mengenakan celemek. Semoga beruntung!

Tim Redaksi
Tim Redaksi Saatnya yang muda berkarya, positif dalam berfikir, esensi dalam berita.