Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Air Terjun Madakaripura, Probolinggo Jawa Timur

Wisata Air Terjun Madakaripura, Probolinggo Jawa Timur

Siapakah yang tidak mengenal Gunung Bromo? Keelokan matahari keluar di Bromo akan membuat semuanya orang terkesima. Keelokannya telah dikenali dan dianggap oleh beberapa pelancong dengan ditunjukkan banyaknya pelancong yang tiba dan nikmati teritori ini. Saat sebelum nikmati Gunung Bromo, lebih bagus bila Kamu berkunjung air terjun Madakaripura.

Madakaripura memang dikenali sarat dengan dogma dan banyak rintangan untuk dapat sampai di situ. Tetapi, semua akan terbayarkan saat Kamu masuk ke tempat ini. Madakaripura sendiri sebagai air terjun paling tinggi di Jawa, dan salah satunya yang terindah. Untuk capai air terjun khusus, Kamu harus melalui sungai lebih dulu. Wah, jadi ingin tahu seperti apa bentuk air terjun paling tinggi ini?

Alamat Wisata Air Terjun Madakaripura

Lokasi dan alamat komplet Desa Sapih, kecamatan Lombang, kabupaten Probolinggo Jawa Timur, Indonesia. Bila Kamu tiba dari arah Probolinggo, saat yang Kamu perlukan hanya 1 jam 9 menit atau 39,7 km. dari pusat perkotaan Probolinggo, mengambil arah ke Jl. Bengawan Solo selanjutnya belok ke kanan ke Jl. Bogo Wonto.

Dari Jl. Bogo Wonto, belok ke kanan kembali ke Jl. Brantas Kademangan kemudian lempeng dan belok ke kiri ke Jl. Raya Panglima Sudirman. Kemudian belok ke kiri ke Jl. Raya Lumbang, lempeng saja sampai mendapati dusun Sapih lalu belok ke kanan.

Kamu perlu berkendara di arah kanan karena arah Kamu berada di samping kanan. Air terjun Madakaripra disebutkan air terjun kekal karena tak pernah stop tuangkan air. Untuk sampai ke air terjun khusus Anda harus melalui di bawah siraman air.

Dari Teritori Surabaya, Selanjutnya untuk Kamu yang tiba dari arah Surabaya, Kamu dapat memakai lajur tol untuk dapat sampai ke arah tempat rekreasi ini. Lama perjalanan yang hendak Kamu menempuh ialah sekitaran 2 jam 12 menit atau 116 km.

Adapun jalurnya ialah pakai jalur kanan untuk berkendaraan ke arah Gresik Sari. Kemudian masuk ke arah Jl. Tol Waru - Juanda dan lempeng saja lagi hingga di Jl. Tol Gempol - Rembang dan mengambil jalan keluar ke arah Jl. Raya Purut Lumbang.

Sesudah keluar karena itu belok kanan ke Jl. Raya Purut Lumbang dan Kamu perlu lempeng saja sampai Kamu sampai di dusun Sapih, dusun di mana Air terjun Madakaripura ada. Bila Kamu dari Gunung Bromo, karena itu diperlukan waktu 46 menit atau 20 km dari gunung Bromo ke air terjun ini.

Bukti Menarik (Fun Facts)

Nama Madakaripura datang dari 3 nama yakni Mada diambil dari nama Panglima Militer kerajaan Majapahit yaitu Gajah Mada. Sementara Kari dalam Bahasa Indonesia bermakna warisan. Dan Pura dalam Bahasa Indonesia memiliki arti tempat sembahyang atau meditasi . Maka, Madakaripura mempunyai makna tempat di mana Patih Gajah Mada wafat saat dia sedang berdoa.

Menurut masyarakat, Gajahmada pergi ke arah tempat itu saat dia diangkat sebagai panglima atau mahapatih. Penghentian kedudukan itu karena, Gajahmada sudah membunuh beberapa orang sampai beberapa ratus lebih saat dia ada di kerajaan Sunda, Galuh.

Cerita Mahapatih Gajah Mada diperkokoh oleh kedatangan patung-patung Gajahmada di wilayah itu. Lantas apa yang membuat air terjun ini kelihatan menarik dari air terjun lainnya?

Ketinggian 1.000 mdpl

Tidaklah aneh bila Madakaripura di-claim sebagai air terjun paling tinggi. Ini karena Madakaripura memiliki ketinggian sampai 1.000 mtr. di permukaan laut. Dengan ketinggian itu, tidaklah aneh jika situasi disekitaran air terjun jadi sejuk dan teduh. Siapa saja akan dihipnotis dengan nuansa menentramkan di Madakaripura yang dirasakan berlainan dari air terjun yang lain.

Air terjun Madakaripura mempunyai suara deru air mengucur di pinggir tebingyang demikian menentramkan. Saat sebelum gravitasi susul dan air itu berguguran ke batu-batuan besar di bawahnya, Kamu akan dengarnya seperti nyanyian alam. Suara itu bergema dari dinding tebing tinggi yang mengitarinya. Kamu yang memerlukan ketenangan, Madakaripura pantas untuk Kamu datangi.

Spot Berenang

Apa yang Kamu saksikan di Madakaripura nanti bukan air terjun yang terus-terusan mengucur, tapi juga rangkaian air yang berguguran di pinggir tebing dan jatuh seperti hujan, membasahi semua yang berada di lajurnya.

Muka tebing tertutupi lumut hijau dan tanaman yang lain, sementara lusinan pelangi mini tercipta saat sinar membias lewat air.Sungai air bergelora ke kolam sedingin es dan salah satu yang perlu Kamu kerjakan ialah berenang.

Mata Air

Nach, yang membuat air terjun ini unik ialah, Madakaripura bukan hanya terdiri dari 1 air terjun besar. Tapi ada banyak air terjun kecil dengan mata air yang perlu Anda lalui dan pada akhirannya, Kamu akan mendapati air terjun paling besar seperti sumur, dengan kolam dalam di bawahnya. Kamubisa berenang di kolam dan nikmati air fresh.

Spot Photo

Walau melihat matahari keluar di Bromo menarik, tetapi tiba ke Air Terjun Madakaripura Probolinggo 100 kali makin menarik. Banyak spot photo yang memesona dan cantik dan Kamu dapat hunting photo sepuasnya karena panoramanya demikian mengagumkan.

Tetapi berkunjung rekreasi ini harus sedikit waspada, bila pelancong mempunyai niat jelek, karena itu, niat jelek akan bawa musibah untuk pelancong.

Tempat rekreasi ini mempunyai dogma di mana air di Madakaripura bisa membuat pelancong tahan lama muda bila dipakai untuk mandi. Betul atau mungkin tidak, ini ialah dogma. Keelokan air terjun dan dogma sudah membuat watak yang kuat dari tempat wisata ini.

Dogma seterusnya, pelancong harus pulang saat sebelum jam 2 siang karena kabarnya mitosnya sesudah jam 2 siang, umum terjadi hujan yang deras dengan mendadak dan debet air akan makin naik hingga mencelakakan pelancong.

Sarana umum Kamar mandi, masjid, tempat makan, spot photo yang luas. Tetapi yakinkan bila Kamu tidak berkunjung Air terjun Madakaripura sepanjang musim penghujan, ya! Bahaya banjir besar dan tanah longsor dapat mencelakakan pelancong yang tiba saat musim penghujan. Tetapi, Kamu bisa coba peruntungan Anda dengan bertandang saat musim kemarau. Ya, datangi tempat ini pas sesudah musim penghujan, di antara bulan Juni - September.

Harga Ticket Masuk (HTM)

Senin-Jumat Rp 5.000

Sabtu-Minggu Rp 7.500

Untuk capai air terjun ini, Kamu perlu jalan sekitaran 30 menit dari gerbang pembelian ticket masuk. Kamu akan jalan lewat sungai dan bukit di sisi kanan kiri. Ya, Kamu harus jalan lewat sungai kecil atau memanjat batu di bawah air terjun. Cukup melawan ya? Tetapi air terjun Madakaripura ini ialah rekreasi yang pantas untuk Kamu datangi.

Panduan Berkunjung ke Air Terjun Madakaripura

Probolinggo punyai tempat wisata bagus yang menjadi tujuan khusus beberapa wisatawan, namanya air terjun Madakaripura. Tetapi jika ingin rasakan kesan air terjun dengan tinggi 200 mtr. ini, Anda perlu ikuti beberapa panduan saat berkunjung air terjun Madakaripura. Karena perjalanan yang perlu dilakukan lumayan panjang, dengan beragam keadaan alam yang ada disekelilingnya. Bertandang ke tempat wisata yang berada di Dusun Sapih Kabupaten Probolinggo ini perlu nyali besar. Untungnya saat Anda turuti panduan berikut, semua capek akan lunas terbayar dengan panorama dan bermacam aktivitas yang dapat dilaksanakan sepanjang ada disitu. Bagus untuk pergi sendirian, dengan keluarga, atau mungkin dengan kelompok jumlah besar.

Gunakan Sepatu Tahan Air dan Anti Licin

Coba periksa di rack sepatu Anda, jika ada sepatu sport tahan terhadap air dan anti licin, karenanya ialah alas kaki terbaik untuk digunakan ke arah Air Terjun Madakaripura. Karena perjalanan harus lewat tebing curam, pada jalan licin yang riskan membuat terpeleset bila tidak berhati-hati. Jika belum mempunyai sepatu itu, sebaiknya membeli atau gunakan sandal tertutup anti licin saja.

Pakaian Tukar Itu Penting

Berkeringat, terkena hujan atau recikan air terjun dan berenang di kolam yang bersih ialah argumen kenapa Anda perlu membawa pakaian tukar. Tidak boleh cemas ingin mandi di mana, karena ada tempat pemandian umum yang cukup bersih disekitaran tempat rekreasi.

Jas Hujan dan Payung Tidak boleh Ketinggal

Tidak dapat diprediksikan kapan hujan akan turun, bahkan juga saat musim kemarau sekalinya. Karena itu perlu untuk Anda untuk sedia payung saat sebelum hujan, dan persiapkan masker dalam tas ransel Anda. jadi saat hujan turun Anda tidak kebasahan dan acara berlibur ke air terjun tidak terusik.

Sewa Pemandu Supaya Perjalanan Lancar

Karena terletak dalam rimba, pasti perlu petunjuk jalan yang memahami lokasi. Anda dapat sewa pemandu yang disebut orang lokal untuk temani Anda sepanjang perjalanan, sekaligus memperlihatkan jalur terbaik yang aman dan cepat sampai.

Jauhi Musim Hujan

Ini ialah panduan saat berkunjung air terjun Madakaripura yang wajib buat dilaksanakan. Khususnya untuk Anda yang ingin perjalanan rekreasi lancar dan tidak memunculkan permasalahan kesehatan selesai pulang disana. Karena selainnya dingin, saat musim penghujan jalanan lebih licin dan mempunyai potensi membuat Anda kerap jatuh dan terpeleset.

Camera Terbaik Harus Dibawa

Banyak spot photo bagus yang instagramable di lokasi ini, jadi sayang jika tidak didokumentasikan lewat camera. Karena itu dianjurkan untuk membawa camera kecintaan, jadi tidak ada peristiwa cantik yang terlewati demikian saja sepanjang berada di air terjun Madakaripura.

Membawa Uang Seperlunya

Selainnya ongkos parkir dan pemandu rekreasi, Anda tidak perlu membawa banyak uang untuk sampai ke lokasi. Terkecuali ingin mencicip makanan yang disiapkan warung disekitaran air terjun, dianjurkan membawa saja uang seperlunya, tidak boleh terlalu berlebih.

Perbekalan Untuk Perjalanan Panjang

Tidak ada kelirunya bawa perbekalan makanan dan minuman untuk temani perjalanan panjang Anda yang dapat capai satu jam itu. Bahkan juga bila memungkinkannya bawa serta makan siang supaya tidak keluar uang kembali untuk beli makan di tempat rekreasi.

Nikmati panorama air terjun Madakaripura memang menentramkan dan membuat santai. Tentunya Anda ingin situasi tenang itu didapatkan sepanjang ada disitu tanpa masalah apa saja, karena itu turuti panduan di atas. Lantas rasakanlah kesan rekreasi air terjun yang belum pernah Anda alami awalnya, hanya karena berada di tujuan rekreasi terbaik Probolinggo ini.

Tim Redaksi
Tim Redaksi Saatnya yang muda berkarya, positif dalam berfikir, esensi dalam berita.