Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tujuan Promosi dalam Strategi Bisnis yang Wajib Diketahui

5 Tujuan Promosi dalam Strategi Bisnis yang Wajib Diketahui

Tujuan Promosi merupakan bagian dari strategi bisnis dalam memasarkan produk yang dijual supaya cepat laku. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi masa kini, sebagian orang pasti bercita-cita memiliki bisnis yang menguntungkan walau sekalipun itu bisnis kecil-kecilan.

Demi terpenuhinya kecukupan ekonomi, tidak sedikit orang yang membuka bisnis, baik itu bisnis sampingan di luar pekerjaan utama, bisnis rumahan, bisnis mahasiswa, maupun orang yang fokus untuk bersungguh-sungguh menjalankan bisnis. 

Untuk mengembangkan bisnis tersebut anda harus siasati dengan promosi yang benar. Diperlukan sebuah strategi promosi dalam menawarkan produk dan jasa yang anda miliki. Supaya lebih jauh dalam memahami mengenai promosi, simak beberapa penjelasan yang secara gamblang akan saya dipaparkan.

Apa Itu Promosi ?

Promosi (promote) adalah sebuah tindakan yang dilakukan seorang produsen untuk menarik dan memberitahu calon konsumen dalam bentuk penawaran sebuah produk atau jasa. Sedangkan tujuan promosi adalah menarik calon konsumen, meningkatkan penghasilan, penjualan, dan jasa yang ditawarkan.

Dengan terciptanya promosi berharap calon konsumen tertarik untuk menggunakan jasa, membeli produk dan mengkonsumsi setiap yang ditawarkan oleh produsen dan konsumen. Meningkatnya nilai penjualan adalah tujuan utama dari promosi yang dilakukan oleh produsen dan distributor (penjualan).

Target pasar yang sudah ditentukan oleh produsen perusahaan akan mudah  dikenal dan diterima oleh masyarakat dengan melakukan tindakan promosi. Maka promosi sangat penting, untuk mendorong perusahaan anda supaya masyarakat atau konsumen tertarik dengan bisnis yang anda suguhkan dalam bentuk produk dan jasa.

Bagi para konsumen yang membeli sebuah produk juga sangat diuntungkan dari diadakannya kegiatan promosi. Sebab pihak pembeli bisa memilah dan memilih produk mana yang tepat dengan keinginan dan tentunya sesuai dengan budget yang dimiliki.

Tujuan Promosi Dalam Berbisnis

Tujuan Promosi Dalam Berbisnis


Dalam sebuah bisnis penting sekali melakukan usaha penawaran produk atau jasa dengan metode promosi yang baik dan benar. Tujuannya supaya promosi produk tertarget secara tepat kepada konsumen yang kita tuju. Berikut ini beberapa contoh tujuan promosi yang harus anda ketahui.

Menyebarkan Informasi Produk atau Jasa

Tujuan diadakannya promosi salah satunya pemasaran produk dan jasa, dalam menyebarluaskan informasi sebuah produk kepada calon konsumen. Diperlukan sebuah metode dan fasilitas pendukung promosi dalam bentuk media dan alat promosi.

Menggunakan alat promosi yang tepat untuk menyebarkan luaskan produk,  supaya brand bisa eksis dan mudah dikenali oleh kalangan masyarakat. Masyarakat yang dimaksud di sini adalah calon konsumen yang akan memanfaatkan produk kita.

Meningkatkan Laba

Sebuah kegiatan promosi bisa menarik konsumen baru jika promosi tersebut dilakukan dengan rutin, dan positifnya penghasilan atau laba akan terus meningkat. Dalam sebuah bisnis jika konsumen terus bertambah, laba juga akan ikut bertambah dan begitu pula sebaliknya.

Maka tujuan diadakannya sebuah promosi adalah untuk meningkatkan dan memperoleh laba perusahaan yang lebih baik. Peningkatan laba yang baik menandakan sebuah perusahaan itu sehat, lakukan promosi supaya laba penghasilan terus meningkat atau minimal bertahan.

Menghasilkan Konsumen Baru

Tindakan promosi bukan hanya merajuk ke dalam sebuah tujuan produk bisa dikenal saja. Namun tujuan promosi juga untuk menghasilkan atau mendatangkan konsumen baru yang lebih potensial terhadap bisnis kita. Dari setiap promosi pasti mendatangkan konsumen yang akan membeli produk kita.

Pemasaran harus dilakukan secara konsisten, teratur dan bertahap di hari-hari berikutnya. Tujuannya supaya mendatangkan konsumen dan pembeli baru begitu seterusnya. Selain itu tindakan promosi yang bertahap dan konsisten akan menjaga loyalitas sebuah produk yang sudah dibeli oleh konsumen dari promosi yang sebelumnya.

Menginformasikan Produk

Tujuan promosi adalah menginformasikan pasar berkenaan kehadiran satu produk baru. Tujuan promosi ini mencakup info langkah penggunaan yang baru dari satu produk, peralihan harga, jasa yang disiapkan, melempengkan kesan-kesan yang salah, dan kurangi ketakutan atau kekuatiran konsumen. Tujuan ini dapat membuat citra sebuah produk atau perusahaan.

Membujuk Calon Konsumen

Tujuan promosi yang ke-2 adalah membujuk. Promosi menolong pembangunan opsi merk, mengubah opsi ke merek tertentu, mengganti pemahaman, dan menggerakkan calon konsumen untuk beli produk itu.

Mengingatkan Calon Konsumen

Tujuan promosi seterusnya adalah mengingatkan calon konsumen jika produk yang berkaitan diperlukan dalam kurun waktu dekat. Promosi sebagai pengingat, mengingatkan calon konsumen akan beberapa tempat yang jual produk perusahaan. Promosi menolong konsumen untuk selalu ingat produk itu. Promosi jaga supaya daya ingat pertama konsumen jatuh pada produk perusahaan itu.

Membandingkan sebuah produk

Tujuan dari promosi ini adalah mendiferensiasikan produk atau tujuan jasa perusahaan dengan produk atau jasa kompetitor. Dengan promosi, perusahaan akan latih konsumen untuk dapat membandingkan sebuah produk. Pemasar berusaha raih tempat di dalam pikiran konsumen. Ini dilaksanakan dengan mengomunikasikan ketidaksamaan-perbedaan berarti berkenaan atribut, harga, kualitas, atau faedah dari produk atau jasa konsumen.

Menaikan penjualan

Tujuan promosi yang paling penting adalah meningkatkan penjualan. Beberapa taktik fokus pada menggairahkan keinginan primer meskipun beberapa memantapkan penjualan.

Membentuk Citra Produk

Tujuan Promosi yang selanjutnya yaitu akan membentuk citra sebuah produk. Konsumen akan otomatis mengetahui bahwa ada produk yang baik serta sesuai dengan yang dicari mereka. Persepsi konsumen terhadap produk yang sesuai dengan yang mereka cari, makan akan membentuk sebuah nama baik produk itu sendiri. 

Dengan adanya promosi, maka calon konsumen bisa menemukan dan mengenali sebuah produk yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan atau yang konsumen cari. Baik atau buruknya sebuah produk bisa dikenali konsumen secara otomatis dari adanya promosi. 

Memantapkan penjualan

Stabilitasi penjualan adalah tujuan lain dari promosi, perusahaan umumnya mempromokan content penjualan sepanjang masa pengurangan penjualan, dan berikan motivasi tenaga penjualan dengan tawarkan hadiah- hadiah seperti berlibur, televis, dan beasiswa ke mereka yang raih sasaran tertentu.

Menunjukkan nilai produk

Beberapa promosi disodorkan untuk menunjukkan nilai produk dengan menerangkan manfaat-manfaat pemilikan dari produk yang kurang dikenali konsumen.

Merubah Persepsi Calon Konsumen

Bagian dari tujuan promosi yang mutlak yaitu mampu merubah sudut pandang calon konsumen yang tadinya tidak tertarik dengan produk atau barang. Dengan melihat informasi promo, makam pelanggan akan penasaran dan menjadi pembanding dengan produk lain sejenis yang ditawarkan penjual lainnya.

Jika barang promo atau sale di sebuah sebuah lebih murah dibandingkan kompetitornya, maka pelanggan secara tidak langsung akan memilih produk tersebut. Itu merupakan makna dari promosi yang sebenarnya.

Itu dia beberapa tujuan promosi yang patut anda ketahui. Dengan adanya promosi para calon konsumen sebagai pengkonsumsi dapat membandingkan produk yang terbaik dari setiap penjualnya. Baik itu berbentuk toko online maupun toko yang dijual secara langsung seperti minimarket, supermarket, mall dan lainnya.

Ingat bahwasanya dengan terciptanya metode promosi konsumen anda bisa mengetahui kelebihan dari berbagai jenis produk yang anda jual. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya. Terimakasih !

Post a Comment for "5 Tujuan Promosi dalam Strategi Bisnis yang Wajib Diketahui"