Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa, Pamijahan Tasikmalaya

Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa, Pamijahan Tasikmalaya
siasati.com

Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa berada di Desa Pandawa, Rt/Rw: 01/05, Dusun Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Beliau datang dari kerajaan Mataram bersama dengan Syekh KH. Abdul Muhyi pada saat di Jawa tengah di mana waktu itu kerajaan Mataram menjadi kerajaan islam.

Untuk ketahui Site Map/alamat Makan Syekh Abdul Qohar, silakan click Google Map, ini benar-benar menolong teman dekat beberapa peziarah pada saat ingin berkunjung Makam Makan Syekh Abdul Qohar Pamijahan dengan arah agar Teman dekat tidak salah alamat.

Dalam menebarkan agama islam riwayat Syekh Kohar atau Syekh Abdul Kohar sebagai panglima dan figur yang benar-benar gigih. Beliau dipercayai oleh Syekh KH. Abdul Muhyi sebagai panglimanya dan beliau ikut menolong Syekh KH. Abdul Muhyi dalam menuntas kaum-kaum kafir yang kuasai pengetahuan sichir pada waktu itu menjalar.

Sesudah perjuangan yang lumayan panjang, pada pada akhirnya Syekh Abdul Qohar dan Syekh KH. Abdul Muhyi bisa menaklukkan golongan kafir dan membuat mereka masuk agama islam pada saat itu.

Wisata Ziarah Makam Syekh Abdul Qohar Pandawa ialah makam yang memiliki jarak lebih kurang 2000 mtr. dari terminal Pamijahan. Makam ini termasuk yang paling jauh dan bisa dilakukan dengan memakai kendaraan individu atau memakai jasa ojek.

Jalan Menuju Makam Syekh Abdul Kohar

Akses Jalan Ke arah Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa, Lokasi makam ini berada di perbukitan dalam jarak 50 mtr. dari jalan raya. Pada saat melaluinya juga kita harus jalan kaki telusuri 83 anak tangga untuk sampai ke makam Syekh Abdul Kohar.

Kuncen Makam Syekh Abdul Kohar

Latar Belakang dan Kisah Hidup Kuncen di Makam Syekh Abdul Qohar Pandawa, Bapak Nas bin Uba, beliau sebagai penerus kuncen awalnya. Mendiang Bapak Uba ialah ayahnya sebagi kuncen di makam itu yang saat ini diganti oleh beliau. Bapak Nas berumur 51 tahun yang lahir pada tahun 1967. Beliau memiliki empat orang anak, satu dari anak beliau sudah wafat satu orang dan beliau memiliki tujuh orang cucu. Selainnya jadi kuncen beliau bekerja sebagai petani.

Kondisi dalam Makam Syekh Abdul Kohar

Makam ini mempunyai keunikan tertentu yang bisa diperbedakan dengan pusara-makam waliyullah yang yang lain, salah satunya cirinya yakni makam ini tertutupi dengan gorden warna putih yang menyelimutinya semua sisi penjurunya. Oleh karena itu, makam ini terkesan sakral.

Aturan Ziarah di Makam Syekh Abdul Kohar

Adapun peraturan pada saat lakukan ziarah dimakam ini yakni:

  1. Pada waktu berziarah harus kenakan pakaian yang sesuai tuntunan agama islam
  2. Ziarah atau tawasul dibantu oleh kuncen
  3. Meminta do'a langsung ke Allah SWT
  4. Masuk ke makam dibantu oleh kuncen

Adapun argumen petugas di tempat membuat ketentuan atau tata tertib pada saat berziarah di dalam makam Syekh Abdul Kohar ialah agar beberapa pelancong yang akan berziarah di dalam makam jaga kesopanannya dan menghindari diri dari niat minta ke waliyullah harus minta langsung ke Allah SWT.

Selainnya peraturan pada saat berziarah dimakam Syekh Abdul Kohar Pandawa, ada pula larangan-larangan pada saat ingin berziarah dimakam Syekh Abdul Kohar, yakni:

  • Tidak lakukan beberapa hal yang dilihat musyrik.
  • Tidak bisa ambil benda apa saja yang ada di lingkungan ziarah.
  • Tidak bisa membuat coretan-coretan di bangunan makam, masjid dan beberapanya.

Kondisi di luar makam digunakan oleh warga Desa Pandawa sebagai tempat penyemayaman umum. Keadaan di sekitar makan Syekh Abdul Kohar masih berasa sejuk karena banyak pohon-pohonan tua yang lumayan besar dan bentangan persawahan di pinggiran pusaranya.

Sarana Makam Syekh Abdul Kohar

Fasilitas Untuk Peziarah

  1. Masjid
  2. Toilet
  3. Tempat Berwudzu
  4. Karpet dan Al-Quran
  5. Ruangan Istirahat

Disamping itu, sarana yang ada di makam Syekh Abdul Kohar pandawa diantaranya; masjid, masjidnya pas ada di samping makam Syekh Abdul Kohar, tempatnya berhimpitan dengan makam Syekh Abdul Kohar dan ada di bawah pohon yang lumayan besar.

Keadaan atap bangunan masjidnya masih memakai atap tradisionil dan temboknya dicat warna hijau. Masjid yang selebar 25 m2 bisa dipakai oleh beberapa peziarah untuk aktivitas melaksanakan ibadah. Umumnya pengunjung yang tiba saat sebelum berziarah ke makam itu kerap menjalankan beribadah shalat dahulu di masjid ini.

Toilet dan tempat wudzu, sesudah kita telusuri anak tangga ke 67 di samping kanan saat sebelum makam Syekh Abdul Kohar ada toilet yang berhimpitan dengan tempat berwudzu. Toillet dan tempat wudzunya mempunyai lebar sekitaran 2,5 m dan panjang 4 m, yang disiapkan untuk beberapa peziarah yang bertandang ke Makam Syekh Abdul Kohar.

Karpet dan Al-Qur'an, di samping makam Syekh Abdul Kohar ada karpet warna merah, yang dipakai untuk fasilitas berziarah. Karpet itu dipakai untuk istirahat beberapa pelancong yang berziarah dimakam itu.

Selainnya karpet di dalam makam ada Al-Qur'an yang ditujukan untuk beberapa peziarah yang akan membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an buat untuk mendapatkan keridoan dari Allah SWT. Tetapi tidak ada foto syekh abdul muhyi pamijahan di makam ini.

Pos Servis Tamu Makam Syekh Abdul Kohar

Pos servis tamu, ini ada di depan toilet atau di samping kiri anak tangga. Bangunannya masih berupa pentas sama ukuran lebar 3 m dan panjang 4 m. Pos ini dipakai untuk registrasi tamu yang akan berziarah ke Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa. di samping itu dipakai sebagai tempat istirahat beberapa pelancong yang berziarah.

Nah, itu tadi ulasan singkat berkenaan Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa, Pamijahan Tasikmalaya. Situs atau tujuan rekreasi religius yang satu ini, belum terkenal di media sosial walau sebenarnya telah banyak pengunjung yang tiba. Umumnya setelah berziarah dari makam Waliyullah Syekh KH. Abdul Muhyi Pamijahan. Janganlah lupa untuk berkunjung Makam Syekh Sacaparan Bengkok.

Post a Comment for "Makam Syekh Abdul Kohar Pandawa, Pamijahan Tasikmalaya"